Bacaan Doa Masuk Dan Keluar Masjid Beserta Adab Ke Masjid

Doa Masuk Dan Keluar Masjid Beserta Adab Ke Masjid – Saat hendak pergi ke masjid ada adab sunnah dan juga bacaan doa yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wa Sallam kepada kita umatnya, kurang lebih ada beberapa amalan sunnah atau adab pergi ke masjid yang akan kita pelajari kali ini.

Baik teman teman semuanya, berikut ini beberapa amalan yang bisa kita kerjakan seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wa Sallam beserta bacaan bacaan doa nya.

Adab Adab Pergi Ke Masjid

Ada beberapa adab yang bisa kita amalkan saat menuju  ke masjid :

1.Menuju Masjid Dalam Keadaan Suci (Berwudhu)

Ada baiknya sebelum menuju masjid kita membiasakan diri untuk bersuci atau berwudhu terlebih dahulu.

2.Menjauhkan Diri Dari Bau Yang Kurang Sedanp

Berdasarkan Hadits Riwayat Bukhari no. 853 dan Muslim no. 561 disebutkan “Siapa yang memakan makanan ini (Bawang), janganlah ia mendekati masjid kami” . Ini menunjukan bahwasannya disyariatkan agar kita membersihkan bau mulut dan bau badan kita ketika hendak menuju masjid.

3.Merias Diri Dan Memakai Wewangian

Di sunnahkan bagi kaum laki laki agar merias diri dengan memakai pakaian yang indah, bagus dan rapi serta memakai wangi wangian (parfum). Namun perlu diperhatikan untuk kaum wanita di larang melakukan amalan ini yakni merias diri dan memakai wangi wangian, seperti yang disebutkan dalam Al Quran yang artinya  ” Dan janganlah mereka(wanita) menampakkan perhiasannya, melainkan yang sudah (biasa) nampak dari dirinya.” (Q.S An Nur : 31)

4.Membaca Doa Keluar Rumah

Untuk teman teman yang hendak pergi menuju masjid, disunnahkan untuk membaca doa ketika keluar rumah. Dan bacaannya adalah sebagai berikut :

ِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

” Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi ”
” Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diri kepada Allah, tiada daya serta kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah saja “

Doa keluar rumah yang lain dan yang lebih panjang adalah sebagai berikut :

 

5.Tidak Menjalinkan Jari Jemari (Tasybik)

Bacaan Doa Masuk Dan Keluar Masjid

Kita di anjurkan tidak melakukan hal seperti yang nampak pada gambar diatas ketika manuju masjid sampai tiba waktu Shalat (iqomah).

6.Menuju Masjid Dengan Tenang

Kita dilarang untuk mendatangi masjid dengan tergesa gesa, di anjurkan untuk kita mendatangi masjid dengan tenang dan serta sikap yang gagah.

Dan selanjutnya kita akan menuju inti dari tema kita kali ini yakni doa masuk dan keluar masjid serta amalan sebelum serta sesudahnya, berikut ini pembahasan selengkapnya.

Doa Masuk Masjid Dan Keluar Masjid

 

Adapun adab serta bacaan masuk masjid dan keluar masjid adalah sebagai berikut.

1.Membaca Doa Menuju Masjid

Adapun ketika menuju masjid, kita dianjurkan untuk membaca doa berikut ini :

اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِى قَلْبِى نُورًا وَاجْعَلْ فِى لِسَانِى نُورًا وَاجْعَلْ فِى سَمْعِى نُورًا وَاجْعَلْ فِى بَصَرِى نُورًا وَاجْعَلْ خَلْفِى نُورًا وَأَمَامِى نُورًا وَاجْعَلْ مِنْ فَوْقِى نُورًا وَمِنْ تَحْتِى نُورًا اللَّهُمَّ وَأَعْظِمْ لِى نُورًا

“ALLAHUMMAJ’AL FII QOLBIY NUURON, WAJ’AL FII LISAANIY NUURON, WAJ’AL FII SAM’IY NUURON, WAJ’AL FII BASHORIY NUURON, WAJ’AL KHOLFIY NUURON, WA AMAMAAMIY NUURON, WAJ’AL MIN FAWQIY NUURON WA MIN TAHTII NUURON. ALLAHUMMA A’ZHIM LII NUURON.”

Artinya : ” Ya Tuhanku, berikanlah di hatiku cahaya, pada lisanku, pada pendengaranku, pada penglihatanku, yang ada di belakangku, yang ada di hadapanku, yang ada di atasku dan yang ada di bawahku. Ya Tuhankku, berikanlah aku cahaya“. (Hadits Riwayat Abu Daud, no. 1353. Al-Hafizh Abu Thahir berkata hadits ini shahih).

Atau bisa membaca doa berikut ini yang hampir sama seperti doa diatas (putar audio diwabah ini).

 

2.Masuk Dengan Kaki Kanan

Kita disyariatkan untuk memasuki masjid dengan kaki kanan dan bukan dengan kaki kiri.

3.Membaca Doa Masuk Masjid

Dianjurkan untuk membaca doa masuk masjid, dan berikut ini bacaanya :

اَللّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ
“A‌llahummaf tahlii abwaaba rahmatik”
Artinya : “Ya Allah bukakanlah pintu rahmat-Mu untuk ku

Atau Membaca doa masuk masjid yang panjang seperti pada audio dibawah ini, silahkan anda putar audio doa masuk masjid berikut ini.

 

4.Melakukan Shalat Tahiyatul Masjid

Di sunnahkan untuk kita ketika masuk kedalam masjid untuk Shalat dua rakaat sebagai Shalat menghormati masjid (Tahiyatul Masjid), seperti yang disebutkan dalam sebuah hadits.

Artinya : “Apabila ada salah seorang di antara kamu masuk ke dalam masjid, hendaklah jangan duduk sampai mengerjakan Shalat dua raka’at.” (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim)

5.Memilih Shaf Terdepan Dari Sebelah Kanan

Dianjurkan pula untuk memenuhi shaf pertama (bagi laki-laki) ketika memasuki masjid karena banyak keutamaan yang ada didalamnya.

6.Berdzikir Ketika Menuggu Waktu Shalat

Di sela-sela waktu antara dua adzan (Adzan Dan Iqomah) hendaklah kita berdoa didalamnya, karena doa pada waktu tersebut termasuk kedalam waktu waktu di ijabahnya doa (waktu mustajab untuk berdoa).

7.Mengerjakan Shalat Wajib Jika Sudah Iqomah

Seperti yang terdapat dalam hadits Muslim, disebutkan :

Artinya : “Apabila sudah dikumandangkannya iqomah, maka tiada Shalat melainkan Shalat wajib.” (HR. Muslim)

8.Keluar Masjid Dengan Kaki Kiri

Ketika kelur masjid kita dianjurkan untuk mendahulukan kaki kiri dan bukan dengan kaki kanan.

9.Membaca Doa Keluar Masjid

Ketika hendak keluar dari masjid dianjurkan untuk membaca doa keluar masjid. Dan berikut ini bacaan doa keluar masjid :

اَللّهُمَّ اِنِّيْ أسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

“ALLAHUMMA INNI AS ALUKA MIN FADHLIK”
Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya hamba mohon pada-Mu akan segala keutamaan-Mu”.

 

[Pelajari Juga : Doa Qunut]

Demikian tadi teman teman semuanya, bacaan doa masuk dan keluar masjid beserta adab adab ketika menuju masjid. Semoga kita bisa mengamalkannya dan tetap di istiqomahkan dalam hal kebaikan lainnya.

Sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini, semoga kita bisa mengambil ilmu yang bermanfaat dari pertemuan kita kali ini. Bila ada kesalahan, silahkan beritahu kami melalui kolom komentar.

Sumber Referensi : ( Shalat Al-Mu’min Syaikh Dr. Sa’id bin ‘Ali bin Wahf Al-Qahthani. Diterbitkan oleh “Maktabah Al-Malik Fahd. hlm. 540-545”).

Gambar Gravatar
Penulis website ini adalah seorang lulusan pondok pesantren tahfidz Quran (Penghafal Al Quran) dan gemar berbagi ilmu agama secara luas melalui internet (Dunia Maya) dan ceramah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *