Bacaan Surat Al Baqarah 285-286

Bacaan Surat Al Baqarah 285-286 (Ayat Terakhir Surat Al Baqarah)

Bacaan Surat Al Baqarah 285-286 – Banyak sekali keutamaan keutamaan dari surat Al Baqarah, seperti dua ayat terakhir yakni ayat 285 dan 286 dimana dalam hadits disebutkan keutamaan dua ayat tersebut adalah “siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al Baqarah maka akan diberi kecukupan” benarkah hal tersebut. Berikut ini penjelasan serta bacaan dua ayat terakhir surat Al Baqarah tersebut.

Keutamaan Surat Al Baqarah 285-286

Selain dari pada ayat kursi yang banyak juga keutamaan di dalamnya, Dalam sebuah hadits yang di riwayatkan oleh Bukhari no. 5009 dan Muslim no. 808 keutamaan dari dua ayat tersebut adalah sebagai berikut :

dari Abu Mas’ud Al-Badri ra. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda :

مَنْ قَرَأَ بِالآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فِى لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ

“Barangsiapa yang membaca dua ayat terakhir surat Al-Baqarah di saat malam hari, maka dia akan diberikan kecukupan.” (HR. Bukhari no. 5009 dan Muslim no. 808)

Dari hadits tersebut disebutkan dengan sangat jelas sekali bahwasannya siapa yang membaca dua ayat tersebut maka Allah akan memberikannya kecukupan terhadap urusan dunia dan juga akhirat serta akan di jauhkan dari kejelekan, serta terdapat ulama yang menyebutkan pula keutaamaannya yakni iman seseorang akan diperbaharui lantaran dalam surat al baqarah 285-286 tersebut mengandung sikap yang pasrah terhadap Allah Azza Wa Jalla, ada juga ulama lain yang menyebutkan keutaamaan ayat tersebut sebagai pennganti dari berbagai dzikir lantaran terdapat doa didalamnya yang meminta kebaikan dunia dan juga akhirat (Lihat pembahasan dari Prof. Dr. Musthafa Al-Bugha dalam buku Nuzhah Al-Muttaqin, hal. 400-401)

Sedangkan menurut Al Imam An-nawawi maksud dari “memberi kecukupan padanya” dalam surat Al Baqarah 285-286 adalah orang tersebut sudah dicukupkan dari shalat malam atau maksunya adalah ia sudah mengganti shalat malam, dan ini juga menurut pendapat sebagian ulama. Dan terdapat sebagian ulama yang menafsirkan bahwasannya seorang yang membaca ayat ini maka dia akan dijauhkan dari segala macam penyakit dan gangguan setan (Lihat Syarh Shahih Muslim, 6: 83-84)

Selain cuplikan keterangan diatas, masih banyak lagi yang menyebutkan keutamaan keutaan dengan tafsir yang hampir sama. Lalu seperti apa bacaan surat Al Baqarah 285-286 tersebut ? berikut ini bacaannya.

Bacaan 2 Ayat Terakhir Surat Al Baqarah 285-286

Baik teman teman semuanya, berikut ini bacaan dari ayat terakhir dalam surat Al Baqarah yakni ayat 286-286 :

آَمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آَمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ (285

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ (286

 Artinya : “Rasul telah beriman pada Al Quran yang diturunkan padanya dari Tuhannya, demikian juga orang-orang yang beriman. Semuanya beriman pada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata): ‘Kami tidak membeda-bedakan antara seseorang pun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka berkata: “Kami dengar dan kami taat.” (Mereka berdoa): “Ampunilah kami ya Rabb ,dan pada-Mu lah tempat kembali.”(QS. Al Baqarah : 285)

Allah tiada memberikan beban seorang hambanya melainkan sesuai dengan kemampuannya. Dia mendapatkan pahala (dari amal kebaikan) yang diusahakannya dan dia mendapatkan siksa (dari amalan jelek) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): ” Ya Tuhan kami, janganlah Engkau menghukum kami jika kami lupa atau kami bersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau membebankan pada kami beban yang berat seperti Engkau telah membebankan pada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau memikulkan pada kami apa yang tidak sanggup kami untuk memikulnya. Berilah maaflah pada kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap orang orang yang kafir .” (QS. Al-Baqarah: 286)

Dan berikut ini audio Surat Al Baqarah 285-286 tersebut, silahkan teman teman download audionya untuk referensi hafalan versi audio.

Surat Al Baqarah 285-286 Mp3

Audio ini merupakan rekaman murottal muzammil hasballah dengan suara merdu saat membacannya.

Mp3 Surat Al Baqarah 284-286 By Muzammil Hasballah : Download

Bagi teman teman yang ingin mendengarkan kajian keutamaan surat Al Baqarah, berikut ini audio kajian yang bisa teman teman dengarkan untuk menambah keilmuan kita dalam beragama.

Kajian Keutamaan Surat Al Baqarah [Ust. Abu Salma Lc,]

Baik teman teman semuanya, demikian tadi pembahasan kita kali ini dengan tema Surat Al Baqarah 285-286 semoga kita bisa mengambil ilmu yang bermanfaat pada pertemuan kita dan bisa mengamalkannya dengan istiqomah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *