Dzikir Setelah Sholat Wajib 5 Waktu Yang Di Ajarkan Nabi SAW

Dzikir Setelah Sholat Wajib 5 Waktu Yang Diajarkan Nabi SAW

Dzikir Setelah Sholat – Urutan bacaan dzikir dan doa pendek/singkat setelah sholat 5 waktu yang fardhu (wajib) sesuai sunnah Nabi Muhammad SAW lengkap arab, latin dan terjemahannya serta dasar haditsnya bisa teman teman pelajari pada pertemuan kita kali ini.

Banyak keutamaan dzikir setelah sholat fardu yang bisa kita dapatkan ketika kita mengamalkannya, seperti salah satu contohnya adalah ketika kita membaca subhanallah, alhamdulilah dan Allahuakbar sebanyak 33 kali maka dosa dosa seseorang itu akan diampuni walaupun sebanyak buih di lautan. Subhanallah, maha suci Allah dengan segala kemurahannya.

Dzikir setelah sholat yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wa Sallah ada 7 point, dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas satu persatu sampai dengan selesai, dan kami juga akan menyediakan dzikir setelah sholat pdf untuk teman teman yang ingin mempelajarinya secara offline. Dan berikut ini pembahasannya.

Bacaan Dzikir Setelah Sholat Fardhu (Wajib) Sesuai Sunnah

Silahkan teman teman hafalkan satu persatu berdasarkan urutan bacaan dzikir yang diajarkan oleh nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wa Sallam, berikut ini urutannya.

[1]. Bacaan Dzikir Setelah Sholat Urutan Pertama.

Membaca Istighfar sebanyak 3 kali dan doa setelahnya [ HR. Muslim no. 591.]

 (3x) أَسْتَغْفِرُ اللهَ

Astaghfirullah (sebanyak 3x)
Artinya : “Aku mohon ampun kepada Allah” 3x

 

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلاَمُ، تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ

Allahumma antassalam, Waminkassalam, tabarakta yaa dzaljalali wal ikhraam

Artinya : “Ya Allah, Kaulah yang maha pemberi keselamatan, serta dari-Mu lah datangnya keselamatan, Maha Suci Engkau, Wahai Tuhan Pemilik Keagungan serta Kemuliaan.”

 

[2]. Bacaan Dzikir Setelah Sholat Urutan Kedua.

Setelah membaca doa dan dzikir no 1, dilanjutkan dengan membaca doa berikut ini berdasarkan Hadits Riwayat Bukhari no. 844 dan Muslim no. 593.

 

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir.

Artinya : ” Tiada Tuhan yang wajib diibadahi selain Allah, tiada sekutu bagi-Nya. Dan Bagi-Nya segala puji serta bagi-Nya kerajaan. Dialah Allah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu “.

 

اَللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلاَ يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ

Allahumma laa maani’a limaa a’thoyta wa laa mu’thiya limaa mana’ta wa laa yanfa’u dzal jaddi minkal jaddu.


Artinya : “Ya Allah, tiada yang bisa mencegah apa yang telah Engkau berikan dan tiada pula yang dapat memberi apa yang telah Engkau cegah. Tiada gunanya kekayaan serta kemuliaan itu bagi yang memilikinya (melainkan hanya iman serta amal kebaikannya yang dapat menyelamatkan dirinya dari siksa). Hanya dari-Mu lah kekayaan serta kemuliaan.”

 

[3]. Bacaan Dzikir Setelah Sholat urutan ketiga.

Setelah membaca doa diatas, maka dilanjutkan membaca dzikir berikut ini berdasarkan Hadits Riwayat Muslim no. 594.

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ. لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ، وَلاَ نَعْبُدُ إِلاَّ إِيَّاهُ، لَهُ النِّعْمَةُ وَلَهُ الْفَضْلُ وَلَهُ الثَّنَاءُ الْحَسَنُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ

LAA ILAHA ILLALLAH WAHDAHU LAA SYARIKA LAH. LAHUL MULKU WA LAHUL HAMDU WA HUWA ‘ALA KULLI SYAI-IN QODIIR.

LAA HAWLA WA LAA QUWWATA ILLA BILLAH. LAA ILAHA ILLALLAH WA LAA NA’BUDU ILLA IYYAAH. LAHUN NI’MAH WA LAHUL FADHLU WA LAHUTS TSANAAUL HASAN.

LAA ILAHA ILLALLAH MUKHLISHIINA LAHUD DIIN WA LAU KARIHAL KAAFIRUUN.

Artinya : ” Tiada Tuhan yang berhak di ibadahi selain Allah, tiada sekutu untuk Nya. Untuk-Nya kerajaan serta pujaan. Dialah yang Mahakuasa atas segala hal. Tiada daya serta kekuatan melainkan hanya dengan pertolongan dari Allah. Tiada Tuhan yang berhak di ibadahi selain Allah, Kami tidak menyembah selain-Nya. untuk-Nya nikmat, anugerah serta pujaan yang terbaik. Tiada Tuhan yang berhak di ibadahi selain Allah, dengan memurnikan ibadah kepada-Nya, walaupun orang-orang kafir benci.”

 

[4].  Bacaan Dzikir Setelah Sholat Urutan keempat.

Kemudian membaca 99 kalimat tasbih, tahmid dan takbir dan ditutup kalimat tauhid berdasarkan Hadits Riwayat Muslim no. 597. dan Lihat Syarh Shahih Muslim, 5: 84. Dan berikut ini bacaannya.

(33 x ) سُبْحَانَ اللهِ
SUBHANALLAH (33 X)
Artinya : “Mahasuci Allah”

(َ33 x)اَلْحَمْدُ لِلَّهِ
ALHAMDULILLAH
(33x)
Artinya : ” Segala Puji Bagi Allah”

َ(33 x) للهُ أَكْبَرُ
ALLAHUAKBAR (33x)
Artinya : ” Allah Maha Besar”

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

LAA ILAHA ILLALLAH WAHDAHU LAA SYARIKA LAH. LAHUL MULKU WA LAHUL HAMDU WA HUWA ‘ALA KULLI SYAI-IN QODIIR.

Artinya : ”  Tiada tuhan yang berhak di ibadahi selain Allah, tiada sekutu untuk-Nya.dan untuk-Nya kerajaan. untuk-Nya pujaan. Dialah Allah YangMahakuasa atas segala sesuatu.”

Keutamaan : akan dihapuskan dosa seorang hamba bila membaca kalimat dzikir diatas walaupun dosanya sebanyak buih di lautan.

 

[5]. Bacaan Dzikir Setelah Sholat Urutan Kelima.

Setelah mambaca dzikir no 4, dilanjutkan dengan membaca ayat kursi, dimana keutamannya ialah :

“seseorang yang membaca ayat kursi setelah sholat wajib, maka tidak ada yang menghalanginya untuk masuk kedalam surga selain kematian .” [Hadits Riwayat An-Nasai dalam Al Kubro 9: 44. Hadits ini dinyatakan shahih oleh Ibnu Hibban, seperti yang telah disebut oleh Ibnu Hajar dalam kitab Bulughul Maram.]

Audio Ayat Kursi Syaikh Abdurrahman As Sudais

 

[6].  Bacaan Dzikir Setelah Sholat Urutan Keenam.

Kemudian setelah membaca ayat kursi dialnjutkan dengan membaca 3 surat terakhir di dalam Al Quran yakni surat Al Ikhlas (Qulhu), Surat Al Falaq dan Surat An Nas.

Surat Al Ikhlas (Qulhu)

 

Surat Al Falaq

 

Surat An Nas

Ketiga surat diatas disebut juga dengan mu’awwidzot [Haditas Riwayat Abu Daud nomor 1523 serta An-Nasai nomor 1337. Al Hafizh Abu Thohir menyebutkan bahwasannya sanad hadits ini adalah hasan].

 

[7].   Bacaan Dzikir Setelah Sholat Urutan Ketujuh.

Untuk bacaan yang ketujuh ini khusus di baca ketika selesai sholat subuh saja.[Hadits Riwayat Ibnu Majah nomor 925 serta Ahmad 6: 305, 322. Al Hafizh Abu Thohir menyebutkan bahwasannya sanad hadits ini adalah shahih]. Dan berikut ini bacaannya.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

ALLAHUMMA INNI AS-ALUKA ‘ILMAN NAAFI’A, WA RIZQON THOYYIBA, WA ‘AMALAN MUTAQOBBALAN

Artinya : ” Ya Allah, Sesungguhnya aku memohon pada-Mu akan ilmu yang manfaat, rizki yang halal serta amal yang diterima .”

 

Bacaan Dzikir Setelah Sholat Pdf

Untuk teman teman yang ingin mempelajari bacaan dzikir setelah sholat diatas secara offline, maka silahkan download file pdf yang sudah kami siapkan berikut ini.

Judul : Bacaan Dzikir Setelah Sholat Fardhu
Type File : Pdf
Jumlah : 6 Halaman
Ukuran : 473 Kb
Link : Bacaan Dzikir Setelah Sholat Fardhu.Pdf

Baik teman teman semuanya, sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini semoga kita bisa istiqomah untuk mengamalkannya dan semoga kita bisa mengambil ilmu yang bermanfaat dari pertemuan kita kali ini. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *