Kumpulan Mp3 Takbiran Terlengkap Dan Terbaik

Mp3 Takbiran – Didalam Islam terdapat dua waktu untuk melakukan takbiran, yakni tabiran Idul Fitri dan juga takbiran Idul Adha. Dan pada kali ini kami memiliki audio doa dan dzikir atau lebih failiar disebut dengan takbiran, dan audio takbiran ini ada yang berdurasi panjang dan pendek serta sudah di iringi oleh bedug yang bisa anda download secara gratis dan mudah.

Sebelum umat islam melantunkan alunan bacaan doa dan dzikir atau lebih familiar disebut takbiran, mereka akan menjalankan ritual ibadah yang sangat berat dan susah, sebagai contoh sebelum takbiran idul fitri maka umat islam akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh, yang mana pada saat itu ketahanan iman seseorang diuji dengan berbagai macam godaan yang datang, sehingga makna hari raya di sambut meriah dengan mengumandangkan takbiran. Dan setelah hari raya idul fitri juga masih ada ibadah penyempurnanya yakni puasa syawal yang mana pahala nya seperti melakukan ibadah puasa selama setahun penuh. Silahkan pelajari di postingan kami berjudul ” tata cara puasa syawal

Nah yang perlu kita garis bawahi adalah “dalam melaksanakan takbiran tidak harus di masjid” karena dahulu Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wa Sallam bertakbir ketika keluar rumah dan berjalam menuju lapangan, dan beliau tidak berhenti bertakbir sampai tiba di lapangan (Hadits Riwayat : Ibn Abi Syaibah dalam Al Mushannaf, Al Faryabi dalam Ahkam al Idain, Al Faryabi dalam Ahkam al Idain)

Lafadz Takbiran Yang Sesuai Sunnah

  • Lafadz Takbir Ibn Mas’ud radhiyallahu ‘anhu. Terdapat 2 Riwayat tentang lafadz Takbiran dari Beliau

أ‌- اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله ُ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ وللهِ الْحَمْدُ
ب‌- اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله ُ، اللَّهُ أَكْبَرُ وللهِ الْحَمْدُ

Keterangan:
Lafadz “Allahu Akbar” pada takbiran yang diriwayatkan oleh Ibn Mas’ud boleh dibaca sebanyak 2 kali atau 3 kali. Dan kesemua lafadz tersebut diriwayatkan oleh Ibn Abi Syaibah dalam Al Mushannaf.

 

  • Lafadz Takbiran Ibn Abbas radliallahu ‘anhuma:

اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، وَلِلَّهِ الْحَمْدُ، اللَّهُ أَكْبَرُ وَأَجَلُّ
اللَّهُ أَكْبَرُ، عَلَى مَا هَدَانَا

Keterangan:
Dalam pengucapan lafadz takbiran yang di bawa oleh Ibn Abbas radliallahu ‘anhuma diriwayatkan oleh Al Baihaqi dan sanadnya dishahihkan Syaikh Al Albani.

 

  • Lafadz Takbiran Salman Al Farisi radhiyallahu ‘anhu:

اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا

Keterangan: Ibn Hajar mengatakan: Takbiran yang di lakukan oleh Salman Al Farisi radhiyallahu ‘anhu diriwayatkan oleh Abdur Razaq dalam Al Mushanaf dengan sanad shahih dari Salman.

Mp3 Takbiran Merdu

Takbiran sendiri merupakan istilah yang digunakan umat islam yang artinya merujuk pada ritual keagamaan atau lebih spesifik lagi merujuk pada perayaan hari raya.

Dan seperti yang kita ketahui bersama bawhasannya takbiran itu ada 2 waktu yang dikenal dalam islam.

Yang pertama yakni hari raya idul fitri dan yang kedua adalah hari raya idul adha.

Dan dalam islam terdapat dalil-dalil yang berhubungan dengan takbiran, karena secara fiqh menjelaskan bahwasannya semua ibadah itu haram kecuali yang ada dasar dalilnya.

Dan berikut ini penjelasan mengenai seputaran dalil untuk takbiran di hari raya baik idul fitri dan idul adha

Dalil Seputar Takbiran

Mari kita bahas satu persatu ulasan mengenai dasar dalil untuk bertakbiran.

A. Takbiran Idul Fitri

Terdapat dalil dalil yang menjelaskan mengenai dasar hukum untuk melakukan ibadah takbiran.

Diantaranya adalah ayat Al Quran dan hadits berikut ini.

1. Dijelaskan dalam kitab Al Mushannaf no. 5621 yang merupakan hadits riwayat Ibn Abi Syaibah berikut ini.

Diriwayatkan oleh Ibn Abi Syaibah, bahwasannya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu keluar rumah dan menuju tanah lapang lalu Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bertakbir sesampai tiba di lapangan. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa bertakbir hingga sholat usai. Dan selepas shalat (I’ed), beliau menghentikan takbir (takbiran)“.

2. Kemudian dalam Al Quran surat Al Baqarah : 185 juga disebutkan perintah untuk bertakbir seusai menjalankan ibadah puasa dibulan Ramadhan, berikut ini arti dari ayat tersebut.

…hendaklah dirimu mencukupkan hitungannya (puasa) serta hendaklah dirimu meninggikan nama Allah (bertakbir) melalui petunjuk-Nya yang diturunkan padamu.” (Al Baqarah ayat 185)

Makna dari ayat Al Quran tersebut sudah sangat jelas sekali bahwasannya kita umat islam disyariatkan untuk bertakbiran setelah selesai menjalankan ibadah puasa dibulan ramadhan.

Adapun tempat dan waktunya dalam mengumandangkan takbir (takbiran) itu bisa dimana saja dan kapan saja, maksudnya disini ialah tidak harus dilakukan dimasjid.

Dan berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Ibn Abi Syaibah bahwasannya disunnahkan untuk bertakbir (takbiran) dan memperbanyak membacanya ketika berjalan menuju tempat sholat i’ed baik di masjid atau di tanah lapang.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh al-Faryabi dalam kitab Ahkam Al Idain bahwasannya dulu Ibn Umar juga melakukan takbiran saat keluar rumah sampai menuju tanah lapang bahkan sampai dengan imam datang.

Hal serupa juga dilakukan oleh Abu Qatadah dahulu seperti yang tercatat dalam kitab Ahkam Al Idain yang juga diriwayatkan oleh al-Faryabi.

Suasana Idul Fitri Di Madinah (Masjid Nabawi)
Suasana Idul Fitri Di Madinah (Masjid Nabawi)

B. Takbiran Idul Adha (Idul Qurban)

Para ulama menggolongkan takbiran di hari raya idul adha itu terbagi menjadi dua, yakni sebagai berikut :

1. Takbiran terikat oleh waktu

Takbiran yang dimaksud terikat oleh waktu disini adalah takbiran yang boleh dilakukan selama masih dalam rentang waktu yang diperbolehkan atau dalam masa hari raya idul Adha (idul qurban).

Adapun dasar dalil dari pendapat pertama ini terdapat dalam Al Quran surah Al Hajj ayat 203 dan surat Al Baqarah ayat 203 yang bunyinya sebagai berikut :

…agar supaya mereka (kaum beriman) berdzikir dengan (menyebut) nama Allah disaat (hari) yang telah ditentukan (waktunya)…” (Qs. Al Hajj ayat 28).

….Dan berdzikirlah dengan (menyebut) nama Allah dihari-hari yang berbilang…“(Qs. Al Baqarah ayat 203)

Maksud yang terdapat dalam 2 ayat diatas adalah agar kita melaksanakan takbiran.

Dan menurut Ibn Abbas RA, “hari yang ditentukan adalah yakni mulai tanggal 1 sampai dengan 10 Dzulhijjah, dan hari yang berbilang ialah tanggal 11 – 13 Dzulhijjah atau lebih kita kenal dengan hari Tasyriq“.

2. Takbiran hari idul adha terikat oleh waktu

Maksud dari takbiran hari idul adha terikat oleh waktu adalah pelaksaan takbiran yang dilakukan setelah usai melaksanakan sholat fardhu (wajib).

Waktunya sendiri dilaksanakan atau dimulai semenjak usai sholat fardhu subuh di tanggal 9 Dzulhijjah hingga seusai sholat ashar di waktu 13 Dzulhijjah.

Dalil dari pernyataan diatas adalah hadits riwayat Ibn Syaibah dan Al Baihaqi, Syaikh Al Albani memberikan sanad hadits ini adalah Shohih, berikut ini bunyinya.

Dan dari Umar bin Khattab RA, bahwa Beliau Shallallahu’alaihi Wa Sallam dahulu bertakbir (takbiran) seusai sholat subuh pada 9 Dzulhijjah hingga setelah selesai sholat dzuhur pada 13 Dzulhijjah“.(Ibn Abi Syaibah & Al Baihaqi, Syaikh Al Albani menshohihkan hadits ini).

Selain hadits diatas masih ada beberapa dalil lagi lainnya seperti berikut ini.

– Hadits yang diriwayatkan oleh Al Hakim serta dishahihkan oleh Imam An Nawawi dalam kitab Al Majmu’
– Hadits yang diriwayatkan oleh Ibn Abi Syaibah & Al Baihaqi lainnya, dan Syaikh Al Albani mengatakan sanadnya adalah shahih.

Dan berikut ini beberap audio takbiran durasi panjang dan pendek serta sudah diiringi dengan bedug.

Download Mp3 Takbiran Durasi Panjang Dan Pendek

Silahkan teman teman putar terlebih dahulu audio takbiran sebelum mendownloadnya agar bisa memilih mana yang dirasa cocok di hati teman teman semuanya. Dan berikut ini daftar nya.

> Mp3 Takbiran Ustad Jefri Al Bughori (UJ) : Download

 

> Mp3 Takbiran Durasi Panjang : Download

 

> Mp3 Takbiran Opick Plus Tabuhan Bedug : Download

 

> Mp3 Takbiran Suara Merdu : Download

 

> Mp3 Takbiran Di Mekkah : Download

 

> Mp3 Takbiran Complete : Download

 

> Takbiran Saad Al Qureshi : Download

 

> Takbiran idul Adha di Madinah : Download

 

> Takbiran idul Fitri di Madinah : Download

 

> Takbiran di Makkah : Download

 

> Mp3 Takbiran Di Masjid Al Haram : Download

 

> Mp3 Takbiran Non Stop : Download

 

> Takbiran di Makkah sebelum idul adha : Download

 

> Mp3 Takbir Lebaran : Download

 

> Takbiran Hari 1 Syawal : Download

 

> Takbiran dan sholawat : Download

Baik teman teman muslim semuanya, itu tadi mp3 takbir lebaran dari berbagai penjuru dunia yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini, semoga kita bisa meraih kemenangan di hari yang fitri ini.

Tinggalkan komentar